badge

PNS Daerah akan Dihapus

Aparatur Sipil Negara

Sejak Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disahkan, banyak perubahan yang sudah dan akan dilakukan dalam tata kelola Aparatur Sipil Negera. Beberapa peraturan turunan dari Undang-undang ini sudah dan akan diturunkan, yang berkaitan dengan peningkatan kualitas dan kesejahteraan Aparatur.

Peraturan turunan undang-undang aparatur sipil negara yang akan segera turun adalah Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara. Peraturan ini nantinya akan mengatur peralihan status kepegawaian pegawai negeri sipil, PNS Daerah akan Dihapus. Bila selama ini jenis pegawai negeri sipil ada dua, yaitu pegawai negeri sipil pusat dan pegawai negeri sipil daerah. Kedepannya bila peraturan pemerintah ini keluar status kepegawaian pegawai negeri sipil akan berlaku secara nasional, tidak akan lagi ada status pegawai negeri daerah, PNS Daerah akan Dihapus.



Konsep ini akan sangat membantu standar penilaian secara nasional. Di mana juga akan berpengaruh terhadap penentuan gaji dan tunjangan pegawai serta kenaikan jabatan. Kedepannya PNS tidak akan menetap di satu daerah. Ada peluang digeser dari satu daerah ke daerah lain‎, termasuk dari pusat. Dengan sertifikasi jabatan yang harus dimiliki setiap pejabat akan memastikan jabatan yang diisi oleh orang yang sesuai dengan kemampuannya.

Bersiaplah kemungkinan di tahun 2016 RPP tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara akan disahkan menjadi Peraturan Pemerintah tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara. Bila telah disahkan, status kepegawaian semua pns akan berubah menjadi pegawai negeri sipil pusat, dan akan membuka kesempatan selebar mungkin untuk menduduki jabatan yang ada bila memiliki kompetensi dan sertifikasi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan