badge

Peraturan Cuti Terbaru Bagi PNS sesuai PP 11 Tahun 2017

Peraturan Cuti Terbaru Bagi PNS sesuai PP 11 Tahun 2017

Ini perlu diketahui oleh para Pegawai Negeri Sipil maupun CPNS, pasca telah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN. Peraturan Cuti Terbaru Bagi PNS sesuai PP 11 Tahun 2017 yang diatur dalam PP ini memberi kesempatan cuti yang lebih lapang bagi para PNS yang ingin memanfaatkan cutinya.

Menurut Peraturan Cuti Terbaru Bagi PNS sesuai PP 11 Tahun 2017, Jenis cuti ada beberapa jenis seperti cuti tahunan, cuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti karena alasan penting, cuti bersama, dan cuti di luar tanggungan negara.

Cuti Tahunan

Di dalam PP 11/2017 tentang Manajemen ASN disebutkan PNS dan calon PNS yang telah bekerja paling kurang satu tahun secara terus menerus berhak atas cuti tahunan selama 12 hari. Dalam hal hak atas cuti tahunan yang akan digunakan ditempat yang sulit perhubungannya, jangka waktu cuti tahunan tersebut dapat ditambah untuk paling lama 12 (dua belas) hari kalender.

PP tentang Manajemen ASN Pasal 312 ayat (4) menyebutkan‎ hak atas cuti tahunan diberikan secara tertulis oleh PPK atau pejabat yang menerima delegasi wewenang untuk memberikan hak atas cuti tahunan. Hak atas cuti tahunan yang tidak digunakan dua tahun atau lebih berturut-turut, bisa digunakan dalam tahun berikutnya untuk paling lama 24 hari kerja termasuk hak atas cuti tahunan dalam tahun berjalan. Ini diatur Pasal 313 ayat (2) PP 11/2017.

Tetapi penggunaan cuti tahunan tidak berlaku untuk para PNS guru dan dosen yang mendapat liburan menurut peraturan perundang-undangan, disamakan dengan PNS yang telah menggunakan hak cuti tahunan.

Cuti Besar

Untuk PNS yang bekerja paling singkat 5 (lima) tahun secara terus menerus berhak atas cuti besar paling lama 3 (tiga) bulan. Tedapat pengecualian bagi PNS yang masa kerjanya belum 5 (lima) tahun, untuk kepentingan agama. Bila telah menggunakan hak cuti besar maka tidak berhak lagi atas cuti tahunan dalam tahun berjalan. Enaknya lagi selama menggunakan hak atas cuti besar, PNS yang bersangkutan menerima penghasilan PNS. Hak atas cuti besar ini diatur dalam pasal 316, 317 dan 318 PP Nomor 11 Tahun 2017.

Cuti Sakit

Cuti sakit dapat diberikan bagi PNS antara 1 – 14 hari, dengan melampirkan surat keterangan dokter. Untuk cuti sakit lebih dari 14 hari harus melampirkan surat keterangan dokter pemerintah, namun untuk pemberian cuti sakit paling lama 1 (satu) tahun. Bagi para PNS kaum ibu, bila mengalami keguguran berhak atas cuti sakit untuk paling lama 1 ½ (satu setengah) bulan. Selama menjalankan cuti sakit, PNS yang bersangkutan menerima penghasilan PNS. Hak atas cuti sakit ini diatur dalam pasal 319 – 324 PP Nomor 11 Tahun 2017.



Cuti Melahirkan

Cuti melahirkan diberikan bagi PNS untuk kelahiran anak pertama sampai anak ketiga, sementara untuk kelahiran anak keempat dan seterusnya diberikan cuti besar. Lama cuti diberikan selama adalah selama 3 (tiga) bulan. Selama menggunakan hak cuti melahirkan, PNS yang bersangkutan menerima penghasilan PNS. Hak atas cuti melahirkan ini diatur dalam pasal 325 – 327 PP Nomor 11 Tahun 2017.

Cuti Karena Alasan Penting

Bila ibu, bapak, isteri atau suami, anak, adik, kakak, mertua, atau menantu salit keras atau meninggal dunia serta melangsungkan perkawinan, PNS berhak atas cuti karena alasan penting. Lamanya cuti paling lama 1 (satu) bulan. Dalam hal yang mendesak, pejabat yang tertinggi di tempat PNS yang bersangkutan bekerja dapat memberikan izrn sementara secara tertulis untuk menggunakan hak atas cuti karena alasan penting. Selama menggunakan hak atas cuti karena alasan penting, PNS yang bersangkutan menerima penghasilan PNS. Hak atas Cuti Karena Alasan Penting diatur dalam pasal 328 – 332 PP Nomor 11 Tahun 2017.

Cuti Bersama

Setiap tahun kita pasti merasakan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh presiden. Ternyata cuti bersama tersebut sekarang tidak mengurangi hak cuti tahunan. Bila PNS yang karena Jabatannya tidak diberikan hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan. Hak atas cuti bersama diatur dalam pasal 333 PP Nomor 11 Tahun 2017.

Cuti di Luar Tanggungan Negara

PNS bisa diberikan cuti di luar tanggungan negara, bila telah bekerja paling singkat 5 (lima) tahun secara terus menerus. Cuti di luar tanggungan negara dapat diberikan untuk paling lama 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjang paling lama I (satu) tahun apabila ada alasan-alasan yang penting memperpanjangnya.

Namun harus hati-hati karena ternyata Cuti di luar tanggungan negara mengakibatkan PNS yang bersangkutan diberhentikan dari Jabatannya. Selama menjalankan cuti di luar tanggungan negara, PNS yang bersangkutan tidak menerima penghasilan PNS dan tidak diperhitungkan sebagai masa kerja PNS. Hak atas Cuti di Luar Tanggungan Negara diatur dalam pasal 334 – 337 PP Nomor 11 Tahun 2017.

Itulah Peraturan Cuti Terbaru Bagi PNS sesuai PP

11 Tahun 2017 yang bisa jadi  pedoman bagi para PNS. Peraturan baru ini memberi angin segar buat dunia pariwisata karena kesempatan untuk cuti panjang dengan memanfaatkan cuti tahun sebelumnya yang belum dipakai. Buat para PNS selamat menikmati masa cutinya. Bila ingin mendapatkan copian PP Nomor 11 Tahun 2017 silahkan DOWNLOAD DISINI

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan