badge
Wednesday 22nd November 2017

Kenaikan Gaji PNS TNI dan Polri Untuk Tahun 2018

Kenaikan Gaji PNS TNI dan Polri Untuk Tahun 2018

Sudah tiga tahun lamanya para PNS TNI dan Polri tidak menerima kenaikan gaji dari Pemerintah. Selama tiga tahun ini, sebagai pengganti kenaikan gaji, pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya sebesar gaji pokok kepada para PNS TNI dan Polri. Kabar terbaru untuk para PNS TNI dan Polri serta Pensiunan untuk tahun depan juga harus gigit gigit jari. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan tidak ada Kenaikan Gaji PNS  TNI dan Polri Untuk Tahun 2018.

Sama seperti tahun tahun sebelumnya sebagai kompensasi tidak adanya Kenaikan Gaji PNS  TNI dan Polri Untuk Tahun 2018, maka pemerintah menyiapkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasa direalisasikan ketika menjelang Lebaran tahun 2018. Selain pemberitan THR, pemerintah juga tetap akan memberikan gaji ke-13 untuk para PNS  TNI dan Polri Untuk Tahun 2018.

Mekanisme pencairan THR dan gaji ke-13 untuk tahun 2018 sama juga seperti tahun sebelumnya. THR akan dicairkan mendekat hari raya lebaran, sedangkan untuk gaji ke-13 dibayarkan ketika mendekati tahun ajaran baru.



Kabar baik juga untuk para pensiunan, setelah beberapa tahun ini tidak mengalami kenaikan gaji, tidak juga menerima THR. Untuk tahun 2018, para pensiunan direncanakan ikut menerima dan menikmati THR yang akan dibayarkan oleh pemerintah.

Kebijakan tidak memberi Kenaikan Gaji PNS  TNI dan Polri Untuk Tahun 2018 ini juga mempertimbangkan beban negara atas pensiunan. Skema yang berlangsung hingga sekarang dikhawatirkan menambah beban ke depannya. Maka pada waktu bersamaan juga disusun skema baru, apakah nantinya akan memakai fully funded atau cara yang lain.

Selain itu sepertinya taktik untuk tidak memberi Kenaikan Gaji PNS  TNI dan Polri Untuk Tahun 2018 , dikarenakan pemerintah sedang mempersiapkan metode penggajian baru bagi PNS, sebagai tindak lanjut dari amanat Undang-Undang ASN. Seperti telah menjadi pengetahuan umum, pemerintah sedang mempersiapkan sistem panggajian baru yang berbasis gaji pokok, tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan