badge

Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016

Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016

Kabar tahun depan Pegawai Negeri Sipil akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya sudah sangat melegakan bagi para PNS, tetapi katanya itu adalah kompensasi akibat tidak adanya Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016. Untuk jangka pendek berita itu sangat menggembirakan karena total yang didapatkan PNS akan lebih besar bila mendapatkan THR yang nilainya satu bulan gaji pokok dibanding dengan kenaikan gaji yang setiap tahunnya hanya 4% – 6% setahun. Tapi bila seterusnya seperti itu para PNS akan rugi karena tidak akan ada penambahan gaji setiap tahunnya.

 

Para PNS gak perlu risau, karena walaupun tidak ada Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016 tapi penghasilan PNS akan mengalami perbaikan yang sangat lumayan. Sesuai dengan isi pidato Presiden Jokowi pada pidato penyampaian nota keuangan RAPBN 2016 di gedung DPR pada tanggal 14 agustus 2015. Salah satu yang menjadi fokus belanja pemerintah tahun depan adalah : mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur negara dengan memperhatikan tingkat inflasi untuk memacu produktifitas dan peningkatan pelayanan publik, berarti ada kemungkinan ada perubahan kenaikan Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016

 

Berita ini sejalan dengan perubahan yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tengah merampungkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji, Tunjangan dan Fasilitas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Isi rancangan RPP ini nantinya sepertinya akan menggantikan PP No 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil yang telah mengalami perubahan yang ke-17 di tahun 2015.

 



salah satu hal yang dibahas dalam RPP tersebut yaitu penyederhanaan tunjangan-tunjangan yang diterima oleh ASN. Dari beberapa jenis tunjangan yang ada saat ini, nantinya ASN hanya menerima tiga jenis tunjangan saja. Tiga tunjangan tersebut antara lain tunjangan pokok, tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan. Jadi nantinya tunjangan istri dan anak sudah tidak ada. Besar gaji pokok setiap PNS sama baik pusat dan daerah, tergantung golongannya berapa. Sedangkan tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan berbeda-beda.

 

Pemberlakuan sistem penggajian ini mungkin akan dimulai pada Januari 2016. Bila sistem ini telah diimplementasikan akan memberi perubahan besar Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016 bagi pendapatan para PNS di Indonesia. Jadi walaupun tidak ada Kenaikan Gaji PNS Tahun 2016, tapi pendapatan para PNS akan meningkat karena perubahan sistem penggajian ini.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan