badge

Banyak Instansi Belum Serahkan Hasil Analisis, CPNS 2015 Ditunda

Banyak Instansi Belum Serahkan Hasil Analisis, CPNS 2015 Ditunda

Pemerintah memutuskan untuk menunda seleksi penerimaan CPNS tahun 2015.  Kebijakan ini dilakukan mengingat masih banyak kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang belum menyelesaikan kewajibannya  dalam analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK) dengan benar, serta perencanaan kebutuhan pegawai dalam 5 tahun. Karena Banyak Instansi Belum Serahkan Hasil Analisis, CPNS 2015 Ditunda.

Kebijakan tersebut tertuang dalam surat Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi bernomor B/2163/M.PAN/06/2015 yang ditandatangani pada tanggal 30 Juni 2015. Untuk instansi pemerintah pusat, dari 76 kementerian/lembaga, baru 18 yang menylesaikan kewajiban tersebut. Sedangkan pemerintah daerah, dari 572 hanya 72 yang sudah menyelesaikan Anjab dan ABK 100 persen.

Selain itu, saat ini pemerintah tengah merampungkan sejumlah peraturan pelaksanaan dari UU tentang ASN,  dan karena alasan efisiensi anggaran. Dijelaskan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS membutuhkan dana yang tidak sedikit,  untuk anggaran penyusunan naskah soal, biaya upload naskah soal ke sistem CAT, dan biaya pelaksanaan seleksi.

Namun, kebijakan ini memiliki pengecualian untuk Kementerian/Lembaga yang memiliki sekolah kedinasan, bagi pendaftaran mahasiswa lembaga kedinasan yang telah mendapat izin langsung dari Menteri PANRB. Selain itu, pendaftar juga harus mengikuti dan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Bagi yang ingin mencoba CPNS ditahun ini berarti terpaksa bersabar, menunggu penundaan ini dibatalkan. Dan kemungkinan penundaan penerimaan CPNS ini baru akan dibuka ditahun 2016. Masih ada waktu belajar buat para peminat cpns, agar nanti lebih mantap mengikuti ujian CPNS bila sudah dibuka.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan